Assalamu'alaikum Teman-Teman ❤❤❤
Bertemu lagi di Blog aku, tentang Administrasi perkantoran yang kali ini akan membahas tentang Office Layout/Tata Ruang Kantor. kuy kita budayakan membaca sampai selesai hihi . . . jangan lupa Comment dikolom komentar di bawah dan share di sosmed kalian yaa. Thank You, yet.
Pengertian Office Layout/Tata Ruang Kantor.
Istilah Tata Ruang Kantor berasal
dari bahasa inggris, yaitu Office Layout.
Jadi Tata Ruang Kantor/Office Layout adalah pengaturan atau penataan tata letak
perlengkapan dan perabot kantor seefisien mungkin guna menunjang pekerjaan
kantor dilaksanakan sebaik baiknya. Adapun pengertian tata ruang kantor menurut
beberapa ahli :
1.
Menurut Drs. The Liang Gie mengatakan
“Tata Ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta pengaturan
kerja yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawannya”.
2.
Menurut Litlefield & Petterson mengatakan “ Office lay out may be
defined as the arrangement of furniture and equipment within available flour
space” (tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabot dan alat
perlengkapan pada luas yang tersedia).
Tujuan dari menata Tata Ruang Kantor yaitu untuk memperlancar komunikasi,
mempermudah dalam koordinasi dan pengawasan agar dapat meningkatkan kegiatan
kantor pada umumnya. Selain itu apabila terdapat perubahahan tata letak ruang
kantor maka harus melakukan peninjauan agar tidak mengakibatkan pengaruh dari
terhadap tata ruang kantor yang ada. Selain itu ada beberapa tujuan dari tata ruang kantor, antara lain:
1.
Memudahkan komunikasi dan arus kerja
2.
Memberikan kondisi kerja yang baik
3.
Memudahkan dalam pengawasan antara atasan dan bawahan
4.
Memberikan kemudahan bagi setiap gerakan karyawan dari meja ke meja
5.
Dapat meningkatkan konsentrasi
6.
Menggukan ruangan dengan baik
7.
Agar terkesan baik suatu organsasi apabila ada relasi atau tamu yang datang
Adapun beberapa keuntungan yang diperoleh dari tata ruang kantor, yang dikemukakan oleh
Drs. The Liang Gie diantaranya:
1.
Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai
2.
Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan.
3.
Mencegah para pegawai bagian lain terganggu oleh public yang akan menemui
satu bagian lain.
4.
Memungkinkan pemakaian ruangan secara efisien.
5.
Pengawasan mudah dilaksanakan.
6.
Terciptanya suasana kerja yang menyenangkan.
Selain ada keuntungan ada juga manfaatnya yang dikemukakan oleh Drs.
Moekijat mengatakan tata ruang sebagai berikut:
1.
Merecanakan suatu kantor dengan baik akan memberikan efisiensi melakukan
pekerjaan.
2.
Penghematan penggunaan ruang lantai yang tepat.
3.
Pengawasan dapat dipermudah.
4.
Hubungan dapat dipercaya
5.
Perlengkapan dan mesin kantor berguna lebih baik.
6.
Jalannya pekerjaan lebih lancar.
7.
Menambah kesenangan dan semangat bekerja bagi karyawan.
Azas-Azas Office
Layout/Tata Ruang Kantor.
Richard Muther azas-azas perkantoran agar tercapai
tujuan di atas yaitu:
1.
Azas mengenai jarak terpendek.
Suatu tata ruang
yang terbaik adalah suatu pengaturan ruang yang memungkinkan proses
penyelesaian suatu pekerjaan menempuh jarak yang sependek mungkin, sehingga
mencegah penghamburan tenaga maupun waktu kerja.
2.
Azas mengenai rangkaian kerja.
Yang dimaksudkan dengan azas rangkaian kerja adalah
penempatan orang maupun barang atau alat menurut rangkaian yang sejalan dengan
urut-urutan penyelesaian pekerjaan yang bersangkutan. Azas ini merupakan
kelanjutan atau kelengkapan dari azas jarak terpendek. Menurut azas ini suatu
pekerjaan sebaiknya bergerak maju dan tidak bergerak mundur atau menyilang,
sehingga bergeraknya pekerjaan adalah lurus, tidak menyilang atau mundur.
3.
Azas mengenai penggunaan segenap ruangan.
Ruangan yang ada
hendaknya dimanfaatkan sepenuhnya, maksudnya diharapkan tidak ada ruang yang
kosong baik secara vertical maupun secara horizontal.
4.
Azas mengenai perubahan susunan tempat kerja.
Ruangan yang baik
sebaiknya adalah ruangan yang dapat diatur atau dapat dirubah setiap saat
karena ada kemungkinan pemanfaatan ruangan lain-lain pada waktu-waktu tertentu,
serta kemungkinan perkembangan dan perluasan di kemudian hari.
Prinsip-prinsip
Tata Ruang Kantor
1.
Pekerjaan harus mengalir dalam satu garis lurus
2.
Bagian pekerjaan yang memiliki funsi yang sama ditempatkan secara
berdekatan
3.
Arus pekerjaan harus sederhana
4.
Perlengkapan kantor harus diletakan didekat pegawai
5.
Penggunaan meja dan kursi dalam ukuran yang sama
6.
Pengaturan meja harus sedemikian rupa agar tidak menghadap ke sumber cahaya
7.
Pekerjaan yang berhubungan dengan masyarakat harus ditempatkan dibagian
depan
8.
Pekerjaan yang bersifat gaduh ditempatkan didekat jendela
9.
Tempat arsip-arsip kantor berada pada dinding atau susun tangga yang mudah
terjangkau oleh pegawai
Bentuk-Bentuk Tata
Ruang Kantor.
1.
Tata Ruang Terbuka
Ruangan tata ruang
terbuka ini yang dipergunakan untuk bekerja tidak dipisah-pisah atau tidak ada
penyekat, tetapi dalam pelaksanaan aktivitas pekerjaan dilakukan satu ruangan
besar terbuka sehingga semua pegawai tampak mudah diamati.
Keuntungan :
a.
Mudah dalam melakukan pengawasan terhadap pegawai
b.
Memudahkan hubungan komunikasi antar pegawai
c.
Memperlancar arus kerja
d.
Cahaya mudah masuk dan udara mudah beredar
e.
Mudah merubah ruangan
Kelemahan :
a.
Cara hidup yang diawasi terus menerus dapat merendahkan moral pegawai
b.
Mengurangi keamanan pekerjaan yang sifatnya rahasia
c.
Pekerja akan kehilangan kepribadian
d.
Tidak efektif apabila kedapatan pegawai yang sedang bermalas-malasan atau
sedang ngobrol makan akan menganggu yang lainnya
e.
Pimpinan lebih terganggu ketenangan kerjanya
2.
Tata Ruang Tertutup
Tata Ruang Tertutup
ini memiliki susunan ruang untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa bagian
karena terdapat penyekat atau terpisah-pisah.
Keuntungan :
a.
Moral antar pegwai tetap terjaga
b.
Pekerjaan yang sifatnya rahasia tetap terjaga
c.
Menghindari gangguan dari pegawai satu ke yang lainnya
d.
Pimpinan lebih tenag dalam bekerja
Kelemahan :
a.
Sulit dalam melakukan pengawasan
b.
Cahaya dulit masuk dan udara sulit beredar
c.
Sulit dalam merubah ruangan
d.
Sulit dalam menampung penambahan pegawai atau alat-alat kantor lainnya
3.
Tata Ruang Kantor Semi Tertutup
Tata Ruang Kator Tertutup ini diberi penyekat
yaitu setinngi 1,5 meter.
Keuntungan :
a.
Untuk menjaga privasi pegawai
Kelemahan :
a.
Sulit dalam melakukan perubahan ruangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar