Minggu, 11 November 2018

Pembagian Kerja dan Struktur Organisasi

Assalamu'alaikum Teman-Teman ❤❤❤


Pembagian Kerja dan Struktur Organisasi





      ORGANISASI
            merupakan wadah yang dibentuk oleh sekelompok orang (lebih dari satu) yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran bersama. Tiga komponen struktur organisasi:

  1. Kompleksitas
Paduan diferensiasi yang ada di dalam sebuah organisasi.  Termasuk spesialisasi dan pembagian kerja.

  1. Formalisasi
Sejauh mana sebuah organisasi menyandarkan dirinya kepada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku dari para pegawainya.

  1. Sentralisasi
Mempertimbangkan di mana letak dari pusat pengambilan keputusan, sentralisasi atau didesentralisasi.

Pelaksanaan proses pengorganisasian yang sukses, akan membuat suatu organisasi dapat mencapai tujuannya, yg tercermin pada struktur organisasi yg mencakup :

  1. Pembagian kerja
  2. Departementalisasi
  3. Bagan organisasi formal
  4. Rantai perintah dan kesatuan perintah
  5. Tingkat-tingkat hirarki manajemen
  6. Saluran komunikasi
  7. Penggunaan komite
  8. Rentang manajemen dan kelompok-kelompok informal yg tidak dapat dihindarkan


      STRUKTUR ORGANISASI
             Dapat dikatakan sebagai mekanisme-mekanisme formal dengan mana organisasi  dikelola.

Pengertian :
Struktur organisasi (desain organisasi):                 
àmekanisme formal dengan mana organisasi dikelola.
àmenunjukkan kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan-hubungan di antara fungsi-fungsi, bagian-bagian atau posisi-posisi maupun orang-orang yg menunjukkan kedudukan, tugas wewenang dan tanggungjawab.

Faktor-faktor utama yg menentukan

perancangan struktur organisasi :
  1. Strategi organisasi untuk mencapai tujuan
  2. Teknologi yang digunakan
  3. Anggota/ karyawan dan orang-orang yg terlibat dalam organisasi
  4. Ukuran organisasi

DASAR SOTK (Struktur Organisasi Tenaga Kerja) DI INDONESIA

      Di bawah UU 22/1999
            1. PP NO. 84/2000, diganti dengan
            2. PP NO. 8/2003
      Di bawah UU 32/2004
            PP NO. 41/2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah


Bagan Organisasi

Bagan organisasi menggambarkan 5 aspek utama suatu struktur organisasi sbb:

  1. Pembagian kerja
  2. Manajer dan bawahan atau rantai perintah
  3. Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
  4. Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
  5. Tingkatan manajemen



      PEMBAGIAN KERJA
Menunjukkan individu atau satuan  organisasi mana yang bertanggung jawab untuk kegiatan organisasi tertentu. Prinsip  Pembagian Kerja (Division Of Labor) adalah tiang dasar pengorganisasian.
Misal :  Pembagian kerja dalam team sepak bola (ada manajer tim, pelatih, asisten pelatih, penjaga gawang, dll)
            Dasar Pembagian Kerja

Berdasarkan :
      Fungsi
      Produksi
      Rangkaian kerja (seri, paralel, gabungan)
      Langganan
      Jasa
      Alat
      Wilayah
      Waktu
      Jumlah (produksi, pegawai)

FAKTOR YG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMBAGIAN KERJA

  1. Tiap satuan organisasi memiliki rincian aktivitas yg jelas
  2. Tiap pejabat memiliki rincian tugas yg jelas
  3. Jumlah tugas 4-12 macam
  4. Variasi tugas yg sejenis atau erat hubungannya satu sama lain
  5. Beban aktivitas tiap satuan organisasi dan beban tugas pejabat merata
  6. Penempatan para pejabat yg tepat
  7. Penambahan atau pengurangan pegawai berdasarkan volume kerja
  8. Pembagian kerja tidak menimbulkan pengkotakan pejabat
  9. Penggolongan tugas : rutin, spesial, kreatif
  10. Memperhatikan dasar pembagian kerja


BENTUK DEPARTEMENTALISASI

  1. Fungsi : pemasaran, keuangan, produksi
  2. Produk atau jasa : mesin cuci, TV
  3. Wilayah : DIY, Jateng, Jabar
  4. Langganan / konsumen : pedagang eceran, pemerintah
  5. Proses atau peralatan : dept pembungkusan
  6. Waktu : Shift 1, 2, 3
  7. Pelayanan : kelas bisnis, eksekutif
  8. Alpha –numeral : no Telp
  9. Proyek dan matriks : perusahaan konstruksi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar