Assalamu'alaikum Teman-Teman ❤❤❤
Semoga selalu bersemangat untuk membaca yaa . . .
Mungkin jangan panjang lebar kali tinggi wkwk
Aku akan bahas tentang etika menerima tamu kantor, gimana sii ??
Tugas
seorang sekretaris adalah mengatur pertemuan pimpinan dari mulai membuat
perjanjian, konfirmasi sampai menerima tamu dikantor.
Tetapi
sebagai sekretaris nggak bisa asal dalam menerima tamu.
Dibawah
ini ada hal-hal yang seharusnya dilakukan sekretaris dalam menerima tamu:
1. Menyambut, menerima dan mempersilahkan tamu duduk. sebaiknya
tamu jangan dibiarkan menunggu terlalu lama, hadapilah tamu dengan sopan,
ramah, berwibawa dan serius
2. Basa-basi dengan tamu boleh saja tapi jangan biarkan tamu berbicara melantur.
jika
pembicaraan tamu sudah melenceng kembalikan pembicaraan ke urusan yang
sebenarnya dengan bijak
3. apabila tamu ingin bertemu pimpinan tapi pimpinan tidak ada ditempat, sebaiknya
tamu dipersilahkan mengisi buku tamu dan menuliskan pesan yang disampaikan.
bisa
juga dibicarakan secara lisan tentang kepentingannya.
4. Apabila pimpinan ada ditempat, tamu dipersilahkan duduk dan mengisi buku tamu.
kemudian
tanyakan apakah sudah ada janji sebelumnya. jika sudah konfirmasikan pada
pimpinan.
5. Saat meninggalkan tamu, tamu dipersilahkan menunggu diruang tamu.
berikan
bacaan yang netral misalnya majalah atau surat kabar
6. Setelah itu hubungi pimpinan dan informasikan tamu yang datang lengkap dengan
identitas dan keperluannya.
jika
pimpinan tidak bersedia menemui karena suatu hal, anda harus megatakan kepada
tamu secara diplomatis maksudnya menyampaikan dengan ramah, sopan, dan teratur.
7. Jika pimpinan bersedia menemui tamu, antarkan tamu ketempat dimana pimpinan
ingin bertemu.
jangan
biarkan tamu mencari-cari tempat sendiri. karena sebagai tamu belum familiar
dengan kantor anda.kecuali sudah sering datang.
8. Jangan lupa, sebagai sekretaris dalam menghadapi tamu hendaknya mencerminkan
image perusahaan, dan mencerminkan profesionalisme dalam bekerja.
maka
itu jagalah sikap dan bicara terhadap tamu, klien atau orang-orang dari lembaga
lain yang berkepentingan dengan perusahaan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa
Seorang
sekretaris harus menghormati dan melayani dengan sepenuh hati agar para tamu
merasa senang dan mempunyai kesan yang baik terhadap perusahaan karena seorang
sekretaris membawa nama baik perusahaan dalam berhubungan dengan tamu
perusahaan maupun klien.
jadi seorang
sekretaris harus mengetahui tata cara menerima tamu yang baik dan hal-hal apa
saja yang harus di lakukan jika pimpinan tidak ada di tempat.
Jangan lupa untuk selalu masukan komentar kalian. Terimakasih .. .. .. ..
Wassalamu'alaikum Teman-Teman ❤❤❤
Tidak ada komentar:
Posting Komentar