Senin, 05 November 2018

Tugas Sekretaris, Etika Menerima Tamu Kantor.

Assalamu'alaikum Teman-Teman ❤❤❤

Semoga selalu bersemangat untuk membaca yaa . . . 
Mungkin jangan panjang lebar kali tinggi wkwk 
Aku akan bahas tentang etika menerima tamu kantor, gimana sii ??


Tugas seorang sekretaris adalah mengatur pertemuan pimpinan dari mulai membuat perjanjian, konfirmasi sampai menerima tamu dikantor.
Tetapi sebagai sekretaris nggak bisa asal dalam menerima tamu.
Dibawah ini ada hal-hal yang seharusnya dilakukan sekretaris dalam menerima tamu:




1. Menyambut, menerima dan mempersilahkan tamu duduk. sebaiknya tamu jangan dibiarkan menunggu terlalu lama, hadapilah tamu dengan sopan, ramah, berwibawa dan serius



2. Basa-basi dengan tamu boleh saja tapi jangan biarkan tamu berbicara melantur.
jika pembicaraan tamu sudah melenceng kembalikan pembicaraan ke urusan yang sebenarnya dengan bijak


3. apabila tamu ingin bertemu pimpinan tapi pimpinan tidak ada ditempat, sebaiknya tamu dipersilahkan mengisi buku tamu dan menuliskan pesan yang disampaikan.
bisa juga dibicarakan secara lisan tentang kepentingannya.


4. Apabila pimpinan ada ditempat, tamu dipersilahkan duduk dan mengisi buku tamu.
kemudian tanyakan apakah sudah ada janji sebelumnya. jika sudah konfirmasikan pada pimpinan.


5. Saat meninggalkan tamu, tamu dipersilahkan menunggu diruang tamu.
berikan bacaan yang netral misalnya majalah atau surat kabar


6. Setelah itu hubungi pimpinan dan informasikan tamu yang datang lengkap dengan identitas dan keperluannya.
jika pimpinan tidak bersedia menemui karena suatu hal, anda harus megatakan kepada tamu secara diplomatis maksudnya menyampaikan dengan ramah, sopan, dan teratur.


7. Jika pimpinan bersedia menemui tamu, antarkan tamu ketempat dimana pimpinan ingin bertemu.
jangan biarkan tamu mencari-cari tempat sendiri. karena sebagai tamu belum familiar dengan kantor anda.kecuali sudah sering datang.


8. Jangan lupa, sebagai sekretaris dalam menghadapi tamu hendaknya mencerminkan image perusahaan, dan mencerminkan profesionalisme dalam bekerja.
maka itu jagalah sikap dan bicara terhadap tamu, klien atau orang-orang dari lembaga lain yang berkepentingan dengan perusahaan.



Jadi dapat disimpulkan bahwa 
    Seorang sekretaris harus menghormati dan melayani dengan sepenuh hati agar para tamu merasa senang dan mempunyai kesan yang baik terhadap perusahaan karena seorang sekretaris membawa nama baik perusahaan dalam berhubungan dengan tamu perusahaan maupun klien.
jadi seorang sekretaris harus mengetahui tata cara menerima tamu yang baik dan hal-hal apa saja yang harus di lakukan jika pimpinan tidak ada di tempat.


Jangan lupa untuk selalu masukan komentar kalian. Terimakasih .. .. .. .. 

Wassalamu'alaikum Teman-Teman ❤❤❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar