Senin, 05 November 2018

Tempat/Wadah/Kantor dalam melakukan kegiatan administrasi.

Assalamu'alaikum Teman-Teman ❤❤❤

Bertemu lagi dengan saya, smg kalian tetap dalam kondisi sehat wal'afiat. Aamiin . . . .
Seperti biasa saya akan sedikit mengupas tentang apa si itu kantor atau ruang lingkup kantor ??




Pengertian Kantor 

         Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kantor memiliki arti balai (gedung,rumah,ruang) tempat untuk mengurus suatu mengenai pekerjaan (perusahaan); tempat menjalankan pekerjaan. Pengertian lainnya dari kantor adalah, sebuah unit lembaga atau organisasi yang terdiri dari tempat, personil serta operasi ketatausahaan demi membantu pimpinan organisasi.

Adapun pengertian Kantor Menurut para Ahli:

1. Moekijat, kantor adalah setiap tempat yang biasanya dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tata usaha, dengan nama apapun juga tempat tersebut mungkin diberikan.
2. Prajudi Atmosudirjo, kantor adalah unit organisasi terdiri atas tempat, staf personel dan operasi ketatausahaan guna membantu pimpinan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kantor adalah balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan atau juga disebut tempat bekerja.
3. Menurut George R Terry, pekerjaan perkantoran meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan pembuatan warkat-warkat tertulis dan laporan-laporan sebagai cara untuk meringkaskan banyak hal dengan cepat, guna menyediakan suatu landasan fakta bagi tindakan pengawasan pimpinan.
4. Kallaus dan Kelling, Kantor adalah fungsi di mana sistem teknologi, prosedur, dan orang saling bergantung dalam bekerja untuk mengelola salah satu sumber daya perusahaan yang paling penting yaitu informasi
5. Ulbert Silalahi, Tempat penyelenggaraan kegiatan ketatausahaan berlangsung disebut kantor, yakni suatu unit kerja yang terdiri atas ruangan, personil, peralatan dan operasi pengelolaan informasi.
Selain itu pengertian kantor dapat dibedakan menjadi 2, yaitu kantor dalam arti dinamis dan kantor dalam arti statis. Kantor dalam arti dinamis merupakan proses penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian/ pendistribusian data/informasi.
Atau dapat dikatakan kantor dalam arti dinamis merupakan kegiatan ketatausahaan atau kegiatan administrasi dalam arti sempit. Sedangkan kantor dalam arti statis bisa berarti Ruang kerja, kamar kerja, markas, biro, instansi, lembaga, jawatan, badan,  perusahaan, serta tempat atau ruangan penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan penyampaian/pendistribusian data/informasi.
Dari beberapa definisi kantor diatas maka dapat disimpulkan bahwa  Kantor adalah tempat atau wadah suatu organisasi untuk melakukan kegiatan administrasi dengan dibantu sumber daya yang ada serta sarana dan prasana yang memadai. 
Tujuan Kantor 
Kantor bertujuan untuk memberikan pelayanan komunikasi dan perekaman suatu informasi secara Efektif dan efisien.
Fungsi Kantor
ada beberapa fungsi kantor antara lain :
1. Menerima Informasi, dalam menerima informasi di suatu perusahaan dapat melalui telepon , surat, faktur atau kegiatan yang menunjang dalam kantor, dapat juga untuk memberi keputusan oleh pimpinan.
2. Merekam Informasi, berfungsi sebagai alat untuk melakukan perencanaan dan pengendalian suatu perusahaan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, dapat digunakan juga sebagai alat hukum atau alat bukti.
3. Mengatur Informasi, informasi yang diatur secara teratur dan sistematis maka dapat dimanfaatkan secara maksimal serta memudahkan dalam proses penemuan kembai suatu informasi.
4. Memberikan Informasi, informasi dapat diberikan kepada pihak lain yang membutuhkan sesuai dengan data yang diterima, dihimpun, diatur, disimpan yang sesuai. informasi dapat disajikan secara rutin, terkecuali yang bersifat khusus atau rahasia, informasi juga dapat disajikan secara tulis ataupun lisan. 
5. Melindungi Aset atau Harta, informasi yang didapat hendaknya disimpan dengan baik. karena informasi itu merupakan suatu aset atau harta dari suatu perusahaan, agar dapat dimanfaatkan lagi oleh pihak yang membutuhkan dan agar tidak digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. 
Ciri-Ciri Kantor 
  • Sebagai alat untuk menyambung pancaindra dan juga ingatan pimpinan organisasi.
  • Membantu pimpinan dalam merumuskan pekerjaan, metode kerja maupun penyederhanaan sistem manajemen.
  • Membantu administrasi atau tata usaha dalam mencapai targetnya.

Sampai sini dulu yaa, jangan lupa membaca menulis dan pahami hehe masukan komentar kalian karena akan sangat bermanfaat untuk saya.

Terimakasih... ... ... ... ... 

Wassalamu'alaikum Teman-Teman ❤❤❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar